Skip to main content

Pengalaman Mengurus Surat Keterangan Berbadan Sehat (SKBS)

Hello Culvures.
Sudah Lama gak ketik - ketik ni, jadi singkat cerita kali ini
saya mau berbagi pengalaman tentang bagaimana cara atau alur pengurusan Surat Keterangan Berbadan Sehat (SKBS) atau sering juga orang menyebutnya dengan Surat Sehat, (Macem - macem la ya, sesuai selera ya  kan?)

apa sih Surat sehat?
dan apa sih kegunaannya?

sepertinya saya gak terlalu menjelaskan detil apa itu surat sehat la ya.
dari kepanjangannya saja pasti sudah pada tahu la ya, dan kegunaannya itu banyak, ada yang untuk melamar kerja dan ada juga yang memang untuk pemberkasan, untuk melamar sekolah misalnya atau melamar anak orang mungkin., haaahha

yups
seperti yang saya alami belakangan, jadi saya mau merubah status dan persyaratan terbaru di kelurahan istri saya, mengharuskan setiap calon pengantin harus melengkapi berkas salah satu diantaranya ya ini,, si SURAT SEHAT ini,  karena saya dan istri alhamdulillah memang agak susah keluar dalam arti izin untuk keluar di jam kerja jadi pengurusan surat sehat agak sedikit merepotkan,, Menurut saya, karena di daerah saya tepatnya di PUSKESMAS jam operasional mereka itu dimulai dari pukul 08.00 s/d 12.00 WIb, dan sedihnya jam segitu saya masih berada di tempat kerja saya.

terlalu lama bridging yahhh..
maaf maaf..

jadi gini Gaes. alur mendapatkan si surat Sehat didaerah saya.,. (tergantung  daerah masing masing tapi ini ya )

buat yang berada Dikisaran dan sekitarnya jika ingin mengurus Surat Keterangan Berbadan Sehat di Rumah Sakit H. Abdul Manan Simatupanh Kisaran jl. Sisingamangaraja No.310 berikut caranya biar gak mondar mandir kayak saya. :D

pertama
masuk melalui pintu Masuk (ya jelas ya kan) tapi pintu masuk yang dekat IGD
terus belok kanan (nemu Antrian orang di Ruang BPJS) jangan gagal Pokus atau bingung nyantai aja gaes memang kesitu arahnya,,
udah lewat nah nemu pintu disebelah kanan ga jauh dari Room BPJS (awas kelewatan) karena memang kita harus jeli.
kedua.
masuk dan jangan lupa ucapkan salam atau permisi,,,,,,(ini gak perlu diajari la ya)
selanjutnya kamu akan di tanya apa keperluannya..
Lanjut utarakan niat kamu mengapa datang menemuinya. :D
kalau saya sih bilang mau mengurus Surat sehat karena Buku Nikah saya tidak bisa keluar kalau saya tidak menyerahkan itu surat sepotong,, padahal kan saya sehat walafiat tapi mereka tetap aja gak percaya. ..
lanjut lanjut,,,
setelah mengutarakan maksud tujuan kamu akan ditanya Nama lengkap, Umur dan Alamat,,,
kita tinggal duduk santai aja gaes. (saya juga heran kenapa ga diminta berkas KTP atau KK misalnya, kayak waktu saya mau urus di PUSKESMAS. (ternyata beda)
setelah menunggu ibu ibu petugas mengisi Formulir saya di beri Kertas bertuliskan "lima belas ribu rupiah" nah ini yang serius,, alhamdulillah cuma Rp. 15.000 karena saya pikir si surat Sehat ini mehong alias mahal... setelah itu kamu bisa beranjak keluar dan biasanya diarahkan sama petugas untuk keruang IGD cek Kesehatan. tapi ingat sebelum keruang IGD kamu harus minta Formulir keruang Tata Usaha biar gak Bolak balik kayak saya..(ruang Tata Usaha ada di depan Room BPJS tapi harus keluar dulu mengarah ke belakang sedikit sebelah kanan)
lanjut Ke IGD untuk Cek darah disitu ada dokter yang menangani. ada 2 Meja saya pilih yang dekat pintu dan langsung di periksa tekanan darah saya.
setelah itu Form di paraf oleh dokternya....(gratis) Kita diarahkan ke RuangTata usaha untuk mengambil suratnya. nah disitu kita menunggu sesuai kebutuhan :D
kalo rame ya lama kalo sepi lumayan, alhamdulillah sewaktu saya datang sudah pukul 12.00 karena itu sudah dipenghujung jadi agak sepi.
setelah menunggu kita mengisi form untuk apa mengurus surat sehat itu barulah di ketik sama petugasnya.
selesai dan kamu harus bayar lagi Rp. 5.000
:D
sudah itu aja,
lanjut keluar dan jangan lupa ucapkan terima kasih :D
jalan menuju parkir dan bayar lagi Rp. 2.000
Pulang dah..

kalau Ribet bacanya, ini ringkasnya.
1. Kerumah Sakit Umum Jl, sisingamangaraja No,310
2. Masuk dari depan mengarah keruang BPJS lewati aja sedikit
3. Masuk keruang kecil sebelah Room BPJS, (ditanya Keperluan) mungkin RoomPendaftaran
4. Ambil Blangko Keruang Tata Usaha sebelum Ke IGD supaya gak bolak balik
5. Ke IGD cek Kesehatan kalau saya hanya tekanan darah, kalau mengurus Bebas Narkoba mungkin lain lagi
6. Ke ruang Tata Usaha mengisi Formulir dan menunggu surat selesai gak lama kok ini.
7. Selesai,,,
Pulang


Comments

Popular posts from this blog

Logo Stmik Amik Royal Kisaran

Sudah Lama Tidak Posting Gan.. Banyak yang bertanya dan meminta jadi Di upload lah,, Semoga Bermanfaat!!!! STMIK ROYAL KISARAN Logo Program Studi Manajemen Informatika Logo Amik Royal Kisaran Salam!!! Bang_Culvuy

Rekreasi Pantai Baru

PASIR PUTIH SILAU LAUT,,,, Hei kamu kamu yang tinggal Di kisaran,Air Joman dan sekitarnya,,, Belum pernah mengunjungi Tempat wisata baru yang gak kalah cihuy nya ni.. pasir putih silau laut   pasir putih janggawari itu gambaran kecil lokasinya cuy,, sudah mulai penasaran kan??? Ambil Helm,ambil Jaket/baju Panjang sepatu (bagi yang takut panas) :D pacu sepeda motor mu ke tempat ini.. saran bang Culvuy siapkan memang kondisi sepeda motor yang Fit hahahaha orang nya juga harus Fit,,, pastikan Tekanan Ban sepeda motor pas untuk jalan - jalan kampung atau bukan jalan lintas, karena jalur tempuh ke pantai pasir putih silau laut ini masih dalam kategori jauh dari jarak aman ban tidak bocor cuy..tpi alhamdulillah waktu bang culvuy kesana aman kok gak ada tragedi ban bocor, dan semoga saja agan agan yang berniat ke TKP juga selamat sampai tujuan. Sewaktu bang Culvuy ke TKP bulan Februari Kemarin keadaan jalan masih jalan tikus cuy,,maklum namanya tempat wisata baru ya